Benarkah Jaringan 5G Berbahaya Buat Manusia?

Teropongmedia.com – Sebagian Ahli menyebutkan bahwa jaringan 5G berbahaya, terutama radiasi gelombang terhadap tubuh manusia.

Namun sebagian ahli lainnya mengatakan jaringan 5G sangat aman, hal ini berdasarkan hasil uji yang mereka lakukan.

Benarkah Jaringan 5G Berbahaya Buat Manusia

Mungkin sebelum membahas tentang bahaya tidaknya kamu perlu tahu bagaimana cara kerjanya. Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya, 4G.

Hadirnya 5G memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini. Bahkan jaringan 5G menjanjikan kecepatan data internet setara dengan Wi-Fi.

Misalnya, dengan internet 5G, pengguna bisa mengunduh film ke ponsel atau tablet dalam hitungan detik. Selain itu, jaringan 5G juga mampu mentrasfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu milidetik.

Dengan jaringan 5G kita bisa menghubungkan  beberapa perangkat seperti telepon, mobil dan peralatan rumah tangga agar dapat saling terkoneksi.

Kecepatan datanya bahkan memungkinkan penciptaan aplikasi realitas virtual atau mobil mengemudi otonom.

Namun banyak kalangan yang khawatir dampak dari penggunaan 5G radiasi gelombang energi yang lebih tinggi.

Profesor bioteknologi di Pennsylvania State University,Kenneth Foster, mengatakan bahwa energi frekuensi berahaya dan menyebabkan luka bakar atau kerusakan termal lainnya.

Bahaya itu muncul jika manusia berada di dekat pemancar frekuensi radio berdaya tinggi. Namun bukankah, jaringan 5G itu beroperasi dengan frekuensi radio yang lebih tinggi?

Penelitian lain dari Program Toksiologi Nasional pada 2018 menemukan bukti peningkatan tumor otak dan kelenjar adrenalis pada tikus jantan yang terpapar radiasi frekuensi radio yang dipancarkan ponsel 2G dan 3G, namun tidak terjadi pada tikus betina. Ia memang belum menemukan gejala tersebut pada 5G, Ia hanya menyarankan perlunya pengkajian ulang.

Baca Juga :   Mengenal Jaringan 5G, Bedanya Apa Dengan 4G?

Ternyata ketakutan ini juga melanda masyarakat Belanda, awal 2020, pemerintah Belgia menghentikan tes jaringan 5G karena masalah radiasi. Swiss juga menelusuri risiko akibat jaringan 5G.

Ada juga yang menyebut bahwa jaringan 5G memiliki gelombang sama yang biasa digunakan militer untuk menghancurkan semangat musuh.

Di sisi berlawanan, Howard Jones EE, Kepala Komunikasi Teknologi di penyedia jaringan seluler Inggris ,  menyatakan bahwa panjang gelombang yang digunakan jaringan 5G sudah melewati masa uji.

Ia meyakinkan bahwa ditinjau dari sisi panjang gelombangnya, 5G sudah sepenuhnya aman. Hal ini telah melalui masa uji yang dapat dipertanggungjawabkan

Di kutip dari Guardian, yang dilansir Science Alert pada 2020 lalu, Jones Mengatakan”Panjang gelombang yang digunakan dan akan digunakan 5G semuanya sepenuhnya aman dan telah dalam penelitian dan pengujian selama beberapa dekade,”.

About Nila Paramitha

Check Also

Proyek Masa Depan, Apple Teliti Teknologi Pendeteksi Kecemasan

Teropongmedia.com – Hampir setiap hari tak terhitung banyaknya orang yang merasa depresi, cemas berlebihan, hingga …

Mengenal Jaringan 5G, Bedanya Apa Dengan 4G?

Teropongmedia.com – Siapa yang senang merasakan jaringan internetnya dengan kecepatan yang lancar, cepat, tidak lemot? …

Mengenal Software Komputer Dan Fungsinya Buat Kamu

Teropongmedia.com – Sebuah Komputer tak akan ada fungsinya jika di dalamnya tidak diisi dengan Software. …

Mengenal Komputer Kamu Lebih Dekat, Hardware Dan Fungsinya

Teropongmedia.com – Saat ini Komputer bukan barang yang asing. Bahkan menjadi benda yang menunjang berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *