Mengenal Jaringan 5G, Bedanya Apa Dengan 4G?

Teropongmedia.com – Siapa yang senang merasakan jaringan internetnya dengan kecepatan yang lancar, cepat, tidak lemot? Hampir semua pengguna internet pasti akan mengatakan “Saya”.

Mengenal 5G

Para provider internet juga telah melakukan banyak perubahan pada layanan mereka. Mulai dari Edge, Kemudian berubah menjadi HSDPA, 3G, 4G dan saat ini 5G.

Bulan Mei lalu, Jaringan internet 5G secara resmi diluncurkan di Indonesia . Namun masih secara terbatas. Telkomsel merupakan operator pertama yang telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dikabarkan, Pengguna jaringan 5G mampu menggunakan internet mencapai kecepatan hingga 1 Gbps (1.000 Mpbs) serta menggunakan teknologi seperti beamforming dan MIMO masif untuk mengirimkan sinyal nirkabel minim gangguan.

Apa bedanya 5G dengan pendahulunya 4G? Perbedaannya adalah, 5G mempunyai kecepatan yang lebih tinggi, yaitu kecepatan rata-ratanya mencapai 49-60 Mbp, dikutip dari Hight Speed Internet.

Di lokasi yang lebih padat penduduknya, bahkan  kecepatan 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G. Kecepatan rata-rata hampir 500 Mbps.

Kenapa Internet 5G jauh lebih cepat daripada 4G ?Ternyata 5G bisa lebih cepat dari 4G karena menggunakan pita radio frekuensi tinggi untuk mengirimkan sinyal Wi-Fi.

Jaringan 5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, juga menggunakan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas.

Menara dan pemancar 5G lebih tinggi dan menggunakan lebih banyak antena juga pita radio. Yang bisa membuka gelombang udara untuk menghasilkan kecepatan yang lebih cepat dengan waktu respons yang lebih cepat.

Kapasitas 5G jauh lebih besar daripada 4G. Hal ini memungkinkan kecepatan internet tetap lancar meski diakses oleh banyak orang dalam satu tempat.

Sayangnya, saat ini jangkauan 5G terbatas di kota-kota besar Di Indonesia saja. Enam lokasi pertama yang bisa menikmati layanan 5G semuanya di Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Baca Juga :   Perhatikan Ukuran Feed Instagram Kamu, Dapatkan Impact Yang Bagus!

Dan perangkat yang bisa kamu gunakan juga masih terbatas,  ponsel yang mendukung jaringan 5G adalah IPhone 12, Samsung Galaxy S20 Plus 5G, Samsung Galaxy A71 5G, dan OnePlus 8 Pro 5G.

About Nila Paramitha

Check Also

Proyek Masa Depan, Apple Teliti Teknologi Pendeteksi Kecemasan

Teropongmedia.com – Hampir setiap hari tak terhitung banyaknya orang yang merasa depresi, cemas berlebihan, hingga …

Benarkah Jaringan 5G Berbahaya Buat Manusia?

Teropongmedia.com – Sebagian Ahli menyebutkan bahwa jaringan 5G berbahaya, terutama radiasi gelombang terhadap tubuh manusia. …

Mengenal Software Komputer Dan Fungsinya Buat Kamu

Teropongmedia.com – Sebuah Komputer tak akan ada fungsinya jika di dalamnya tidak diisi dengan Software. …

Mengenal Komputer Kamu Lebih Dekat, Hardware Dan Fungsinya

Teropongmedia.com – Saat ini Komputer bukan barang yang asing. Bahkan menjadi benda yang menunjang berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *