Mengenal Komputer Kamu Lebih Dekat, Hardware Dan Fungsinya

Teropongmedia.com – Saat ini Komputer bukan barang yang asing. Bahkan menjadi benda yang menunjang berbagai kegiatan kita. Baik individu maupun kantor atau organisasi membutuhkan benda satu ini.

Tugas sekolahmu, tugas kampusmu, atau kegiatan organisasimu, pasti membutuhkan Komputer. Terlebih ketika memasuki dunia kerja Komputer atau laptop menjadi barang yang akan sangat membantu kita.

Mengenal Hardware Komputer

Namun, tahukah kamu sebenarnya ada tiga komponen pembentuk Komputer. Tiga komponen sistem komputer antara lain hardware, software, dan brainware. Gabungan kinerja ketiganyalah yang membentuk harmoni dari komputermu.

Kali ini Teropong Media akan mengulas mengenai Hardware. Apa hardware itu?

Hardware atau perangkat keras. Cirinya Ada bentuk Fisiknya, bisa dioperasikan secara langsung, merupakan penghubung antara pengguna yaitu kamu dengan sistem komputer. Contohnya antara lain adalah mouse, keyboard, monitor, RAM, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya hardware sendiri memiliki beberapa komponen, yaitu input device, output device, processing device, dan storage device. Keempat komponen ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Input Device

Input device Input device atau perangkat masukkan adalah hardware yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sistem komputer. Input device merupakan gerbang masuknya data yang bisa diolah sistem komputer.

Data yang sudah dimasukkan dikonversi menjadi kode binary, data tersebut dibaca oleh memori utama komputer. Kemudian perangkat yang terpasang itu bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Contoh input device seperti keyboard, mouse, webcam, serta scanner.

Input device atau perangkat masukkan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data ke dalam  sistem komputer

Processing device

Data yang telah dimasukkan melalui input device kemudian akan diolah pada bagian processing device. Sebab, processing device sendiri adalah perangkat yang berperan untuk mengolah data.

Baca Juga :   Perbaikan Jaringan Internet Kabel Telkomsel Dan Indihome Masih Berlangsung

Proses ini dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU). CPU ini merupakan otaknya komputer. CPU bertugas untuk menerima dan menjalankan data. Dia yang mengirim perintah ke perangkat lunak (software).

CPU meliputi beberapa komponen seperti prosesor, RAM, kartu VGA, hard disk, mother board, dan cooling fan.

Output Device

Setelah melalui processing device, data yang sudah diolah kemudian akan dikeluarkan dan ditampilkan kepada pengguna. Nah, inilah yang bisa kita lihat di depan layar. Misal gambar, video, serta audio (suara). Proses ini akan berlangsung di bagian output device dan akan dikeluarkan melalui monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon.

Storage device

Storage Device ini merupakan perangkat penyimpanan data.

Storage device terdiri dari dua jenis, yaitu internal storage dan eksternal storage. Internal storage merupakan bagian penyimpanan yang melekat pada CPU dan terdiri dari hard disk dan RAM.

Sedangkan eksternal storage sendiri mengacu pada jenis penyimpanan yang dapat dilepas dan tidak terikat dengan sistem hardware komputer. Contohnya antara lain, hard disk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

About Nila Paramitha

Check Also

Proyek Masa Depan, Apple Teliti Teknologi Pendeteksi Kecemasan

Teropongmedia.com – Hampir setiap hari tak terhitung banyaknya orang yang merasa depresi, cemas berlebihan, hingga …

Benarkah Jaringan 5G Berbahaya Buat Manusia?

Teropongmedia.com – Sebagian Ahli menyebutkan bahwa jaringan 5G berbahaya, terutama radiasi gelombang terhadap tubuh manusia. …

Mengenal Jaringan 5G, Bedanya Apa Dengan 4G?

Teropongmedia.com – Siapa yang senang merasakan jaringan internetnya dengan kecepatan yang lancar, cepat, tidak lemot? …

Mengenal Software Komputer Dan Fungsinya Buat Kamu

Teropongmedia.com – Sebuah Komputer tak akan ada fungsinya jika di dalamnya tidak diisi dengan Software. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *