Memilih Jaringan Internet Kabel Atau Satelit, Manakah Yang Lebih Baik?

Teropongmedia.com – Kasus down-nya jaringan internet Indihome dan Telkomsel yang terjadi beberapa waktu ini, tentunya membuat sebagian orang bingung. Kenapa bingung, karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini beraktivitas dengan mengandalkan jaringan internet.

Memilih Jaringan internet, kabel atau Satelit?

Pastinya kamu juga merasakan?! Terlebih jika kamu seorang Content Creator, yang  aktivitasnya lebih banyak dengan jaringan Internet. Ya kan..

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Teropong Media, lambatnya jaringan yang dialami oleh pengguna Telkomsel dan Indihome disebabkan karena adanya kerusakan jaringan di bawah laut yang dimiliki oleh PT. Telkom di kawasan Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka), Batam hingga Pontianak.

Seperti yang kita tahu, Telkom merupakan provider internet yang menggunakan Kabel. Sebagai penyedia Internet dengan kabel tentunya memerlukan saluran yang menghubungkan antar pulau di Indonesia dengan menggunakan kabel yang melewati laut. Ada kelebihan dan kekurangannya memang menggunakan jaringan internet dengan kabel ini.

Sebagai kompetitornya muncul provider internet yang menggunakan satelit dan tidak memerlukan kabel dalam pemasangannya jaringan kepada customernya.

Lantas bagaimana cara kita memilih provider internet yang tepat untuk kita?

Kamu bisa membandingkan terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan antara jaringan dengan kabel atau dengan satelit, seperti yang kami ulas berikut ini:

Kecepatan

Kamu pasti lebih menyukai internet yang cepat daripada yang lemot, bukan? Nah, untuk masalah kecepatan sebagai jawara provider internet masih dirajai oleh internet kabel, meskipun saat ini internet satelit telah melakukan perubahan besar dari sisi kecepatan jaringan yang bisa dirasakan oleh pemakainya.

Coverage jaringan

Untuk masalah Jangkauan atau coverage, kamu bisa melihat terlebih dulu dimana lokasi kamu berada. Jika kamu tinggal dikota akan memudahkan bagimu memilih kedua provider internet ini. Antara internet kabel atau internet satelit kamu bisa memilih keduanya sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Baca Juga :   Penyebab Gangguan Jaringan Yang Dialami Indihome Dan Telkomsel

Berbeda dengan kamu yang tinggal di daerah pedesaan, atau pedalaman, jangkauan internet satelit pastinya akan lebih menguntungkan buat kamu.

Harga

Dari segi harga kamu bisa tentukan terlebih dahulu berapa budget yang akan kamu keluarkan selama sebulan untuk internet. Karena harga yang ditawarkan proprovider internet bervariasi tergantung harga paketan. Hanya saja untuk internet kabel akan dirasa lebih murah karena tidak perlu membeli perangkat seperti modem satelit atau Vsat.

Dengan membandingkan ketiga factor tersebut diatas, kamu sekarang bisa menentukan mana yang akan kamu pilih. Menggunakan provider internet kabel seperti IndiHome, Biznet, CBN dan lainnya.

Atau menggunakan provider internet satelit seperti UBIQU, SUN JUN, dan lain sebagainya.

 

 

About Nila Paramitha

Check Also

Proyek Masa Depan, Apple Teliti Teknologi Pendeteksi Kecemasan

Teropongmedia.com – Hampir setiap hari tak terhitung banyaknya orang yang merasa depresi, cemas berlebihan, hingga …

Benarkah Jaringan 5G Berbahaya Buat Manusia?

Teropongmedia.com – Sebagian Ahli menyebutkan bahwa jaringan 5G berbahaya, terutama radiasi gelombang terhadap tubuh manusia. …

Mengenal Jaringan 5G, Bedanya Apa Dengan 4G?

Teropongmedia.com – Siapa yang senang merasakan jaringan internetnya dengan kecepatan yang lancar, cepat, tidak lemot? …

Mengenal Software Komputer Dan Fungsinya Buat Kamu

Teropongmedia.com – Sebuah Komputer tak akan ada fungsinya jika di dalamnya tidak diisi dengan Software. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *