Ini Dia Penyebab Baterai Handphone Cepat Rusak

Teropongmedia.com – Sebagai pengguna Handphone (Hp) atau Smartphone tentunya kita akan merasa jengkel jika Smartphone yang baru saja kita pakai tiba-tiba baterainya habis. Baru di carge hingga penuh langsung dayanya terkuras habis. Sehingga kita tidak bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Padahal aktivitas kita dengan gadget sekarang cukup banyak. Misalnya untuk mengedit video, melakukan kelas online, dan lain sebagainya.

Men-charge Baterai Handphone Saat Menggunakannya

Akhirnya kita harus sering-sering menge-charge Hp kita atau harus selalu membawa powerbank kemana-mana. Repot kan?!  Sebenarnya apa yang membuat batere Hp cepat rusak? Inilah beberapa penyebabnya:

1.Membiarkan Aplikasi Terus Bekerja di Belakang Layar

Seringkali kita menggunakan beberapa aplikasi di smartphone tanpa mematikan terlebih dahulu aplikasi yang tidak digunakan. Terkadang sampai menumpuk banyak. Ternyata tanpa kita sadari inilah yang menyebabkan daya baterai smartphone kita cepat habis. Dan inilah yang membuat baterai smartphone kita cepat rusak.

Cara yang harus kita lakukan agar baterai HP kita tidak cepat habis adalah dengan mematikan aplikasi yang tidak terpakai. Anda bisa melakukan pengecekan aplikasi apa saja yang sering menghabiskan batere dengan melihatnya di Menu Pengaturan  >>  Baterai, anda bisa melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan baterai paling banyak.

2.Sering Men-charge HP

Pernahkah anda men-charge HP tidak sampai penuh, kemudian di charge lagi tidak sampai penuh lalu digunakan lagi? Ternyata aktivitas seperti ini juga membuat baterai hp kita menjadi cepat rusak. Pertama anda jadi sering memasukkan dan melepaskan soket kabel listrik dan ini bisa membuat soket baterai HP anda kendor, sehingga terkadang aliran listrik tidak masuk kedalam HP dan berujung harus menggantinya.

Caranya adalah Charge-lah hingga baterai HP penuh, setelah penuh bisa langsung di cabut.

Baca Juga :   Asus Zen Book Pro Duo UX581GV Laptop Unik Dengan Dua Layar

3.Men-Charge HP dalam Waktu Lama

Terkadang kita men-charge Hp kita sebelum tidur dan baru di cabut saat pagi harinya. Men-charge HP dalam waktu lama tentunya akan membuat performa HP cepat rusak. Juga baterai HP menjadi tidak tahan lama. Charge-lah HP anda sampai dayanya penuh setelah itu langsung dicabut, dan tidak lama-lama

4.Menggunakan HP Saat di Charge

Pernahkah anda menonton youtube, main game, menggunakan smartphone anda dalam keadaan sedang di charger? Ternyata ini adalah salah satu aktivitas yang cepat menguras baterai, baterai diisi namun tak kunjung penuh karena sedang di pakai, akhirnya hal ini akan mengganggu performa HP anda. Bahkan aktivitas inilah yang membuat baterai Hp anda cepat rusak. Beristirahatlah sejenak dari aktivitas menggunakan HP jika masih di charge, hal tersebut akan menjaga kualitas mesin yang ada di dalam HP termasuk baterainya.

5.Sering Menggunakan Charger Yang Bukan Pasangannya

Terkadang charger baterai kita sulit dicari, akhirnya kita menggunakan charger baterai yang bukan pasangannya. Hal ini juga membuat HP kita terganggu, karena kinerja dari charger baterai yang satu dan yang lain itu berbeda dan mengalirkan listrik dengan arus yang berbeda, sehingga jika kita sering menggunakan charger yang berbeda tentu saja hal ini tidak baik untuk Hp kita. Maka tetaplah gunakan charger Hp sesuai dengan merknya.

About Nila Paramitha

Check Also

Perangkat Terbaru Facebook Yang Membuat Aktivitas Video Call Semakin Nyaman

Teropongmedia.com – Facebook mulai meluncurkan bisnis terbarunya yang berbeda dari bisnis informasi yang dijalankannya selama ini. …

Sisi Unik Dan Ketangguhan Nokia G10

Belum genap satu bulan Nokia kembali meluncurkan produk terbarunya. Setelah merilis Nokia G20, Agustus lalu …

Cara Masuk Bioskop Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Cuma Butuh 4 Langkah Mudah

Teropongmedia.com – Ternyta bioskop sudah boleh buka dan beroperasi bertahap sejak kamis 16 September 2021. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *